Perpustakaan

Profil Perpustakaan SMPN 1 Wonosari

A. LATAR BELAKANG

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 tahun 1989 Pasal 35 tentang sistem pendidikan Nasional dinyatakan bahwa pendidikan tidak mungkin terselenggara dengan baik bilamana tenaga kependidikan dan peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar yang bersangkutan. Salah satu sumber belajar yang amat penting tetapi bukan satu-satunya adalah Perpustakaan Sekolah” yang memungkinkan para tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan para peserta didik memperoleh pengetahuan, Sedangkan dalam Undang-Undang Pendidikan Nasional yang baru Nomor 20 tahun 2003 pasal 45 tidak secara implisit menyebutkan bahwa “agar setiap satuan pendidikan jalur pendidikan harus menyediakan perpustakaan sebagai sumber belajar. Namun undang-undang tersebut menyatakan bahwa “setiap satuan pendidikan formal dan non formal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan, intelektual, social, emosional dan kejiwaan peserta didik. Secara implicit perpustakaan termasuk dalam pengertian sarana dan prasarana pendidikan, maka pengadaannya harus memenuhi ketentuan tersebut.

Dengan memperhatikan Undang-Undang tersebut maka Perpustakaan Sekolah perlu ditumbuh kembangkan dan diberdayakan sesuai amanat tersebut, oleh karena itu Perpustakaan UPT SMP Negeri 1 Wonosari berupaya untuk mengembangkan dan meningkatkan dalam Pengelolaan Perpustakaan.

Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan fungsi dan peran perustakaan UPT SMP Negeri 1 Wonosari perlu diperhatikan hal-hal antara lain:

a. Kondisi gedung/ruang perpustakaan.

b. Petugas pengelola / Sumber Daya Manusia.

c. Bahan koleksi dan pengolahannya.

d. Sumber dana.

Dengan didukung gedung/ruang perpustakaan yang memadai serta petugas pengelola yang handal akan mempercepat terwujudnya tujuan dan fungsi perpustakaan.

Perpustakaan sekolah akan lebih bermanfaat jika benar-benar memperlancar pencapaian tujuan proses pembelajaran disekolah. Indikasi manfaat tersebut tidak hanya tingginya prestasi peserta didik, tetapi lebih jauh lagi, antara lain peserta didik mampu mencarai, menemukan, menyaring dan menilai informasi, terbiasa belajar sendiri, terlatih bertanggung jawab, serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

B. TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Selain untuk mengaktualisasi UU No. 2 Tahun 1989 Pasal 35 tersebut, Perpustakaan Sekolah mempunyai tujuan utama yaitu membantu proses belajar mengajar disekolah agar para pendidik, para tenaga kependidikan dan para peserta didik mendapat kemudahan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang dipelajari.

C. FUNGSI PERPUSTAKAAN

Perpustakaan Sekolah juga mempunyai fungsi yang sangat strategis sebagaimana Surat keputusan Nomor 108/1981 tentang Pokok-pokok Kebijakan Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan di Indonesia. Menurut Surat Keputusan tersebut Perpustakaan Sekolah mengembangkan fungsi sebagai berikut :

1. Sebagai pusat kegiatan belajar mengajar.

2. Sebagai pusat penelitian sederhana.

3. sebagai pusat sarana belajar mandiri dan meningkatkan minat baca.

4. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan peserta didik.,

5. Sebagai Tempat Rekreasi

6. Sebagai Pusat Dokumentasi dan Informati (PUSDOKINFO)..

A. VISI DAN MISI PERPUSTAKAAN UPT SMP NEGERI 1 WONOSARI

1. Visi Perpustakaan UPT SMP Negeri 1 Wonosari adalah:

PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI.

2. Misi Perpustakaan UPT SMP Negeri 1 Wonosari adalah:

MENINGKATKAN BUDAYA BACA MASYARAKAT SEKOLAH

SARANA DAN PRASARANA PERPUSTAKAAN

A. KEDUDUKAN PERPUSTAKAAN UPT SMP NEGERI 1 Wonosari

Keberadaan Perpustakaan UPT SMP Negeri 1 Wonosari seiring dengan berdirinya UPT SMP Negeri 1 Wonosari sejak tanggal 3 September 1952, dan termasuk ke dalam jenis Perpustakaan Sekolah yang statusnya telah diakui dengan NSS :20.1.04.03.01.001 P.

Organisasi Intern Perpustakaan UPT SMP Negeri 1 Wonosari yaitu dibawah Pembinaan Kepala Sekolah dengan seorang Koordinator sebagai Penanggungjawabnya. Adapun Organisasi Ekstern dengan Organisasi Induknya keberadaan masih dalam satu lingkungan, yaitu lingkungan UPT SMP Negeri 1 Wonosari hingga daya jangkau pelayanan Perpustakaan masih dapat dimungkinkan.

Perpustakaan UPT SMP Negeri 1 Wonosari melayani sirkulasi peminjaman bahan pustaka untuk seluruh warga sekolah: tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik.

B. SARANA PRASARANA

Perpustakaan UPT SMP Negeri 1 Wonosari telah mempunyai sarana prasarana pendukung yang cukup memadai untuk keberadaan sebuah Perpustakaan Sekolah. Namun masih harus ditingkatkan sehingga menjadi sebuah perpustakaan yang representatif yang mampu melayani para pengguna jasanya sesuai dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang.

Sarana Prasarana tersebut adalah :

No.

Jenis

Vol

Kurang

1

Gedung / ruangan

1 Unit

2

Luas bangunan

180 m2

35 m2

3

Luas ruang pelayanan

a. Ruang koleksi / Referensi

b. Ruang baca

c. Ruang layanan sirkulasi

d. Ruang administrasi / pengolah bahan

e. Selasar

f. Ruang Gudang / Arsip

32 m2

88 m2

12 m2

12 m2

36 m2

-

-

-

-

-

-

35 m2

4

Kapasitas Pengunjung

50 orang

5. Peralatan / perlengkapan

No.

Jenis

Vol

Jumlah

Standar

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

Meja Sirkulasi / Layanan

Rak Penitipan Tas / Locker

Rak Buku satu muka

Rak Buku dua muka

Rak Majalah

Rak Koran

Meja Baca

Kursi Baca

Meja Baca Perorangan /Study Currel

Meja kerja Petugas

Almari Katalog

Rak Atlas

Papan Display Buku Baru

Almari Referensi

Almari Perpustakaan

Filing Kabinet

Papan Pengumuman

Mesin Ketik

Komputer

TV

CD Player

VCD CTL Program Pendidikan

Tape Recorder

Speker Active

Kipas Angin

Stempel Perpustakaan

Stempel buku sumbangan

Stempel Inventaris

Stempel tanggal

Ada

Tidak

Ada

Ada

Ada

Ada

Ada

Tidak

ada

ada

Tidak

Ada

Ada

Ada

Tidak

Tidak

Ada

Ada

Ada

ada

Ada

Tidak

Ada

Ada

Ada

Ada

ada

Ada

2

0

4

4

1

1

16

40

0

2

1

0

1

5

2

0

0

1

1

1

1

1

0

1

2

2

1

1

4

3 buah

3 buah

3 buah

3 buah

1 buah

1 buah

11 buah

40 buah

12 buah

2 buah

1 buah

1 buah

1 buah

3 buah

3 buah

1 buah

1 buah

1 buah

3 buah

1 buah

1 buah

1 buah

1 buah

1 unit

4 buah

2 buah

1 buah

1 buah

4 buah

6. Kelengkapan Administrasi

No.

Jenis

Vol

Jumlah

Kurang

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

Buku Pengunjung

Buku Peminjaman

Buku Tamu

Buku Induk Perpustakaan

Buku Klasifikasi DDC

Buku Daftar Tajuk Subyek

Papan Statistik

Kartu Anggota / Peminjaman

Label Buku

Kartu Buku

Kantong Kartu Buku

Lembar Tanggal Kembali/Kendali

Ada

Ada

Ada

Ada

Ada

Ada

ada

ada

Ada

Ada

Ada

Ada

1

1

1

2

2

2

2

1 buah

1 buah

3 buah

2 buah

3 buah

2 buah

1 buah

C. KOLEKSI

DATA KOLEKSI PERPUSTAKAAN

NO

JENIS KOLEKSI

JUMLAH JUDUL

JUMLAH (EKS)

1

BUKU FIKSI

155

358

2

BUKU NON FIKSI

1412

3602

3

BUKU REFERENSI

333

573

4

BUKU KOLEKSI KHUSUS

279

607

JUMLAH KOLEKSI

2179

5873

5

BUKU PAKET

24

5607

6

BUKU PAKET KBK

63

3,456

7

BUKU PG KBK

42

126

8

SURAT KABAR / TABLOID

9

9

9

MAJALAH

16

27

10

KLIPING

26

26

11

KARYA TULIS

12

81

JUMLAH KOLEKSI LAIN

192

9332

JUMLAH KESELURUHAN

2371

15205


KOLEKSI BUKAN BUKU

NO

JENIS KOLEKSI

JUMLAH JUDUL

JUMLAH (EKS)

KARTOGRAFI

1

PETA

31

31

2

GLOBE

2

2

3

PERAGA PENDIDIKAN

15

21

JUMLAH KOLEKSI

48

54

NON BOOK MATERIAL

4

SLIDE PROYEKTOR

1

1

5

MICRO FILM

30

30

6

CASSETE

3

46

7

VIDEO CASSETE

14

14

8

VIDEO

1

1

9

OHP

1

1

JUMLAH KOLEKSI LAIN

50

93

PERSONALIA DAN TUGAS PERSONALIA

A. PERSONALIA

Untuk mengimplementasikan kebijakan pemerintah dan tercapainya tujuan dan fungsi Perpustakaan Sekolah khususnya Tujuan dan Fungsi Perpustakaan UPT SMP Negeri 1 Wonosari, maka pengelola perpustakaan dibagi sebagai berikut :

1. Pembinaan / Penanggung Jawab : Kepala Sekolah

2. Koordinator / Petugas : Ahmadi

3. Petugas : Sugeng

Untuk Struktur Organisasi Perpustakaan dan SK Pengelola Perpustakaan terlampir.

B. TUGAS PERSONALIA

1. Pembina / Penanggung Jawab :

a. Bertanggung jawab secara umum agar Perpustakaan dapat berdaya guna dan berhasil guna sesuai dengan Undang-undang No.2 Tahun 1989 Pasal 3 tentang Penyelenggaraan Pendidikan.

b. Memberikan pembinaan melalui kursus-kursus atau mengikutsertakan Petugas Perpustakaan dalam Pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan, Kantor Perpustakaan Daerah untuk meningkatkan Skill petugas perpustakaan.

c. Mengalokasikan Dana Perpustakaan untuk :

Ø Perbaikan sarana / ruang Perpustakaan.

Ø Menambah Koleksi buku-buku Perpustakaan.

Ø Meningkatkan Kesejahteraan Petugas Perpustakaan.

2. Koordinator :

a. Sebagai Koordinator Perpustakaan bertugas :

Ø Membuat Program Perpustakaan baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Ø Mengadakan kerjasama dengan Pustakaan Umum baik Kabupaten, Propinsi atau nasional dan Perpustakaan Sekolah lainnya.

Ø Membuat Laporan Penanggungjawaban Pelaksanaan Perpustakaan setiap tahunnya.

b. Sebagai Bagian Pengadaan Bahan Pustaka, bertugas :

Ø Menyusun rencana pengadaan bahan-bahan pustaka.

Ø Mengadakan pembelian bahan-bahan pustaka.

Ø Mengajukan permohonan penambahan buku baik ke perpustakaan maupun dinas pendidikan.

C Sebagai Bagian Pengolahan Bahan Pustaka, bertugas :

Ø Membuat Buku Induk Perpustakaan.

Ø Mengklasifikasi Bahan Pustaka.

Ø Membuat katalogisasi Bahan Pustaka.

Ø Membuat Grafik Pengunjung, Peminjam dan Buku yang Dipinjam.

Ø Membuat Pelayanan Informasi.

3. Bagian Pelayanan :

a. Melayani pengguna Perpustakaan baik peminjam / pengunjung / pembaca perpustakaan.

b. Menyusun bahan pustaka agar sesuai dengan kelasnya.

c. Menghitung jumlah Pengunjung / Pembaca / Peminjam Buku Perpustakaan setiap hari.

d. Mendata keluar masuknya Koran / Majalah.

e. Membuat Buku Induk Anggota.

f. Menyusun Buku sesuai dengan Klasifikasinya.

g. Pengecapan, penyampulan buku Perpustakaan.

h. Merapikan dan membersihkan ruang Perpustakaan.

i. Membantu bagian Pelayanan.

4. Kerja Rutin Harian :

a. Memberi stempel pada buku-buku yang baru.

b. Mengklasifikasi buku.

c. Memasang Label Buku.

d. Memasang kantong buku dan kartu buku.

e. Memasang Slip Pengembalian.

f. Memasang sampul buku.

g. Menginventarisasikan di Buku Induk.

h. Mengisi Buku Pengolahan Katalogisasi Deskripsi.

i. Membuat Katalogisasi.

j. Memasukaan buku pada rak, almari yang telah ditentukan menurut Sistem DDC.

k. Mencatat Statistik Harian.

l. Melayani Sirkulasi Peminjaman dan Pengembalian Koleksi Perpustakaan.

m. Merawat buku-buku yang rusak dan penjilidan.

n. Mengarsip Soal-soal Ulangan Umum Semester I dan II.

o. Mengarsip Soal-soal Ujian Nasional dan Ujian Sekolah.

p. Mengarsip Karya Tulis siswa.

q. Mengarsip Kliping Siswa.


DATA STATISTIK PERPUSATAKAAN UPT SMP NEGERI 1 WONOSARI

TAHUN PELAJARAN 2008/2009

A. Data Pengunjung Dalam 3 Tahun Terakhir.

2005/2006

2006/2007

2008/2009

Juli

-

-

-

Agustus

293

446

-

September

1293

1474

-

Oktober

1345

2048

-

Nopember

714

853

-

Desmber

87

375

-

Januari

1073

913

-

Pebruari

352

882

1757

Maret

1191

1699

2161

April

287

1908

2191

Mei

-

-

385

Juni

-

-

-

Jumlah

6635

10598

6494

B. Data Peminjam Dalam 3 Tahun Terakhir

2005/2006

2006/2007

2008/2009

Juli

-

-

-

Agustus

268

212

-

September

838

974

-

Oktober

976

1195

-

Nopember

454

353

-

Desmber

36

517

-

Januari

539

289

-

Pebruari

188

653

373

Maret

684

1283

360

April

239

1030

423

Mei

-

-

59

Juni

-

-

-

Jumlah

4222

6506

1215

C. Data Buku Dipinjam

2005/2006

2006/2007

2008/2009

000 – 099

23

23

1

100 – 199

55

40

68

200 – 299

198

330

24

300 – 399

252

558

19

400 – 499

49

41

4

500 – 599

178

298

35

600 – 699

297

395

161

700 – 799

288

291

17

800 – 899

928

1280

433

900 – 999

505

1123

160

FIKSI

1352

1857

321

REFEREN

97

270

-

JUMLAH

4222

6506

1215

A. Data Anggota Perpustakaan 4 tahun terakhir

TAHUN PELAJARAN

2005/2006

2006/2007

2008/2009

2008/2009

SISWA

674

655

691

723

KELAS VII

220

220

252

252

KELAS VIII

216

219

220

252

KELAS IX

238

216

219

219

GURU

45

44

41

45

KARYAWAN

14

14

12

12

JUMLAH

733

713

744

780

2 responses to “Perpustakaan

  1. rachma

    Membaca adalah pintu gerbang ilmu pengetahuan !!
    Jaya terus perpustakaan smp 1 wno !!!!!!!!!!!!

  2. dwi apyu

    saya menucapkan banyak terima kasih karena tulisan yang ada di situs ini sangat membantu tugas kuliah saya….saya tunggu tulisan-tulisan selanjutnya…terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s